AISATSU
*PERKENALAN (JIKOSHOKAI)*
Hajimemashite
Watashi wa (nama) desu douzo yoroshiku (onegaishimasu)
Contoh : Watashi wa Isa desu douzou yoroshiku (onegaishimasu)
Note :
“Marilah kita berlatih mengucapkan salam pada pagi, siang, dan malam hari agar dapat menyampaikan salam dengan tepat.”
*PERSALAMAN (AISATSU)*
Kosakata :
A : Ohayo Gozaimasu (Selamat Pagi) A.M 07.00
B : Ohayo Gozaimasu (Selamat Pagi)
A : Konnichiwa (Selamat Siang) PM 01.30
B : Konnichiwa (Selamat Siang)
Isa : Ilham sensei, Konbanwa. {Selamat Malam, ibu/bapak(guru) tanaka} P.M 07.00
Ilham : Isa-san, Konbanwa
A : Oyasuminasai(Selamat Tidur) P.M 09.00
B : Oyasuminasai
A : Sayonara(Sampai jumpa/selamat tinggal), dewa mata (sampai jumpa), mata ashita (sampai jumpa besok), mata raishuu (sampai jumpa minggu depan)
B : Sayonara(Sampai jumpa/selamat tinggal), dewa mata (sampai jumpa), mata ashita (sampai jumpa besok), mata raishuu (sampai jumpa minggu depan)
A : Ogenki Desu Ka (apa kabar)
B : Hai, Genki Desu (ya, baik-baik saja)
A : Sumimasen (maaf)
B : Iie (tidak apa-apa)
Catatan :
- “ohayou gazaimasu”,”konnichiwa” adalah salam yang hanya diucapkan saat bertemu dengan seseorang. Oleh karena itu, salam tersebut tidak dipakai saat berpisah dengan seseorang.
- “ohayou” merupakan ungkapan salam yang disingkat dari “ohayou gozaimasu”. ohayou hanya digunakan dalam percakapan guru kepada siswa, atasan kepada bawahan, antar teman, atau di dalam keluarga.
- Pada saat berpisah biasanya mengucapkan “sayonara”. Kemudian pada saat ada rencana untuk bertemu lagi, biasanya mengucapkan “dewa mata,”mata ashita”,”mata raishu”.
- “ara” adalah ungkapan yang digunakan ketika menyadari kehadiran seseorang atau menemukan suatu benda (ungkapan ini hanya digunakan oleh perempuan).
- TATTE KUDASAINote :“Marilah kita belatih menyebutkan angka dan instruksi didalam kelas agar dapat memahami instruksi guru dalam bahasa Jepang”Kosakata:Angka-Angka Di Dalam Bahasa Jepang0 = zero1 = ichi2 = ni3 = san4 = yon/shi5 = go6 = roku7 = nana/shichi8 = hachi9 = kuu/kyu10 = juu11 = juu ichi12 = juu niUNGKAPAN :
- “Kiite Kudasai digunakan saat meminta seseorang untuk mendengarkan.Contoh : Teepu o kiite kudasai. (Dengarkanlah kaset!)
- “Kaite Kudasai” dogunakan saat meminta seseorang untuk menulis.Contoh : (Tulislah di buku cacatan!)
- “Yonde Kudasai’ digunakan saat meminta seseorang membaca.Contoh : Hon o yonde kudasai. (bacalah buku!)
- “Akete Kudasai” digunakan saat meminta seseorang untuk membuka halaman buku.Contoh : Hon o akete kudasai. (Bukalah buku!) dan 12-peeji o akete kudasai. (Buka halaman 12!)
- “Itte Kudasai” digunakan saat meminta seseorang mengucapkan.Contoh : Mou ichido itte kudasai. (Ucapkanlah sekali lagi!) dan Ookii koe de itte kudasai (Ucapkanlah dengan lantang!).
- “Mite Kudasai” digunakan saat meminta seseorang untuk melihat.Contoh : E o mite kudasai. (Lihatlah gambar!)
- “Suwatte kudasai” digunakan saat meminta seseorang untuk duduk.Contoh : Isu ni suwatte kudasai. (Duduklah di kursi!)
- “Tatte kudasai” digunakan saat meminta seseorang berdiri.Contoh : minasan, tatte kudasai. (berdirilah!)
- “Kite Kudasai” digunakan saat meminta seseorang datang.Contoh : Mae ni kite kudasai. (Majulah ke depan!)
- HAJIMEMASHITENote :”Marilah kita berlatih menyebutkan nama, status, tingkatan kelas dan asal sekolah serta berlatih ungkapkan memperkenalkan diri.Kosakata :*Tingkatan Kelas*Ichi-nensei = Kelas 1Ni-nensei = Kelas 2San-nensei = Kelas 3yo-nensei = Kelas 4Go-nensei = Kelas 5Roku-nensei = Kelas 6nana-nensei = Kelas 7hachi-nensei = Kelas 8kyuu-nensei = Kelas 9uu-nensei = Kelas 10juu ichi-nensei = Kelas 11juu ni-nensei = Kelas 12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar